20 Desember 2009

INDONESIA

Apakah Indonesia masih ada ?
Kala hukum bisa ditukar seplastik bawang merah
atau sebungkus rokok kaung.

Apakah Indonesia masih ada ?
Saat pemuda - pemudinya :
Pagi ngisap shabu, agar giat bekerja katanya.
Malam ngisap ganja, agar lelap tidur katannya.

Apakah Indonesia masih ada ?
Tapi kau tetap memaksaku percaya,
bahwa Indonesia masih ada.
Dari Sabang sampai Marauke,
dari Miangas hingga pulau Rote.

Tapi sampai kapan Indonesia tetap ada ?
Saat cukong, tanpa atau dengan HPH bodong,
asik membrangus hutan.
Tak memperdulikan monyet dan gajah yang lari terkencing - kencing.

Tapi sampai kapan Indonesia tetap ada ?
Saat laut diperkosa dengan libido tinggi,
menggunakan bom - bom yang menyayat hati.

Jadi sampai kapan Indonesia tetap ada ?
Atau bahkan besok,
saat matahari terbit,
Indonesia tercinta ini cuma tinggal kenang - kenangan.

Dan mungkin nanti,
jika aku kangen akan negeri ini,
aku cuma bisa melihatnya di halaman - halaman buku sejarah
di perpustakaan tua nan kumuh.


M Dadan Suryana





37 komentar:

ivan kavalera mengatakan...

Indonesia masih akan tetap ada sepanjang kita masih merasa memilikinya. Puisi keren.

kedai kopi mengatakan...

sketsa yg manis dalam sajak protes yg santun.

KucingTengil mengatakan...

Indonesia masih ada,

tapi bangsanya ..................................................................................................................???????

Rosi aja mengatakan...

selama darah ini masih mengalir, kan kujaga indonesia kita bang... merdeka!!!!

Itik Bali mengatakan...

Harus tetap ada mas, dan itu kewajiban kita untuk tetap menjadikan Indonesia ada
semangat Indonesia

More Than Words mengatakan...

Meski Indonesia akan hancur (jangan sampe yah)
Indonesia akan tetap ada
kalo engga dimana kita bisa hidup?

SeNjA mengatakan...

puisi nya keren !

ya,sampai kapan Indonesia bertahan...semoga anak cucu ku kelak masih bisa memandang indonesia dengan lautnya yg membiru,bukankah dalam buku2 indonesia negara kepulauan? semoga mereka masih bisa memandang sawah,sungai,dan hutan. meski pun sekarang pemandangan itu sdh sangat mahal...

Lina mengatakan...

mari menjadikan indonesia lebih baik...

anindyarahadi mengatakan...

kritikannya mantap mas... oh ya, saya ngga sedang jatuh cinta sama teman blogger ;)

dinotakim mengatakan...

Kata-kata yang indah kang, dibalut dgn makna yg tajam....moga indonesia tetap ada selamanya

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

masih ada kok...

NURA mengatakan...

salam sobat
iya sampai kapan Indonesia tetap ada?
saat cukong,tanpa atau dengan HPH bodong asyik membrangus hutan...
HPH bodong apa ya...?
maklum belum paham,,he,,he.

buwel mengatakan...

duh, repetisinya keren mas, dan temanya mengigit dengan diksi yang menarik....

ipin mengatakan...

mantaps sobb..puisi atau sajaknya sepertinya titisan WS rendra nih ...

Mari kita jaga bersama-sama lingkunngan hidup demi keutuhan indonessia tercinta

lina@happy family mengatakan...

Walau apa pun yang telah dan akan terjadi, Indonesia akan tetap ada. Saya akan selalu cinta bangsa ini karena saya diciptakan Tuhan dan terlahir sebagai orang Indonesia...
Jangan mengeluh, mari jadikan Indonesia lebih baik...

thya mengatakan...

mantabb..

Indonesia, jangan ilang dulu yah, saya masih pengen menjelajah nih :)

Irawan mengatakan...

Selama masih ada semangat dan rasa cinta terhadap tanah air, Indonesia tidak akan pernah mati...

ALRIS mengatakan...

Kadang saya juga suka shabu :sharapan bubur, hehehe...
Salam

Kang Sugeng mengatakan...

Yup Indonesia akan tetap menjadi milik kita selama kita masih mampu berdiri di dalamnya, puisi yg buagus Mas.

attayaya mengatakan...

Hiudplah Indonesia Raya!!!

Agung Aritanto mengatakan...

indonesia masih ada sebatas kita menganggapnya dan memperjuangkannya

jonli rahmad koto mengatakan...

kapan indonesia ini ada?

ooo...dulu...
ketika moyang kita bersimbah darah..
tapi itu dulu...

kini???

kini bahkan tak ada lagi..
apa lagi esok..
dalam buku sejarah
di perpustakaan tua nan kumuh pun tak ada..

attayaya mengatakan...

selamat siang semuanyaaaaaaaaa

achmad edi goenawan mengatakan...

Aya Bangun Indonesia, biar tetap ada!

an4k`SinGKonG mengatakan...

Hukum rimba masih berlaku bro...


salam kenal

rizky mengatakan...

EndonesiaH itu masih ada dan tetap ada jika kita bangun bersamam negara ini menjadi lebih baek, dan yakinlah.

munir ardi mengatakan...

garuda didadaku
Semangat itu tetap akan ada dan yakinlah mas masih banyak orang baik disini

fanny mengatakan...

met libur. met malam

yanuar catur rastafara mengatakan...

kayaknya sich indonesia masih ada kalau segera diberantas itu orang2 pengganggu..hehehe

lina@happy family mengatakan...

Mampir dan menyapa Sobat, maju terus Indonesia...

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

indonesia : sarang libido ke individulaisme

aaSlamDunk mengatakan...

indonesia didadaku indonesia didadaku
tiap hari senin aku nyanyi sambil berdiri tegap, dengan lantang menyanyikan lagu kebangsaan kita
INDONESIA RAYA

Kang Sugeng mengatakan...

Kang... ambil award di tempatku ya...

didiet mengatakan...

indonesia masih akan tetap ada selama kita masih mempertahankan budaya indonesia

Lady mengatakan...

Melanglah keliling buana...
Kelak akan kau saksikan rupa2 warna..
Merah hijau biru, akan kau temui di negara A
kata orang-orang kita, negara ini hebat dan berbudaya
Ungu, kuning, jingga, akan kau temui di negara B
kata ensiklopedia, negara ini kaya estetika

Tapi percayalah padaku,
sekembalinya kau ke negeri ini
kelak kau akan sadari
semua warna yang kau lihat di luar sana
begitu indah terpancar dari negara yang disebut Indonesia

ah, kau tahu teman-teman asingku di luar sana, mengatakan sesuatu tentang bumi pertiwi milikku yang juga milikmu:
kata mereka: "negaramu istimewa dan luar biasa"

jadi, berbanggalah..:)


Salam kenal balik. terima kasih sudah mampir dan trims jg buat komennya yg indah :)

Syamsul Alam mengatakan...

super sekali...

terenyuh bacanya, sangat abgus sekali puisinya....

terima kasih karena telah menjadi komentator aktif di blog saya. Jika ada banner 125x125, tolong hubungi saya, jika tidak ada, tolong kontak saya dan akan saya buatkan.

thx bgt n' salam.

Business Financial Services mengatakan...

Indonesia still alive