06 Desember 2009

HIDUPKU + IMAJINASI : IH.....SEREM !

Ketika itu waktu sudah menunjukkan pukul 1'35 dini hari. Terdengar lolongan anjing di kejauhan. Bintang-gemintang, bulan-gemulan bersembunyi dibalik awan-gemawan (maaf kalau bahasanya amburadul sebab saya merujuk pada buku bagaimana cara menulis cerita karya Mbah Zuki yang berlebel worst seller). Tapi semua itu tak membuat tekad saya mundur ke belakang. Saya mesti pulang sebab besok harus bekerja.

Langkah saya percepat. Tetesan air dari langit mulai mematuki tubuh saya tuk...tuk...tuk..yang kemudian ditingkahi angin dingin yang menggigit tulang. (Untungnya angin itu sudah tua, jadi tak terasa seperti digigit melainkan cuma diemut). Sendal jepit yang sudah tipis terasa memberikan beban lebih karna licin. Oh tobat, besok-besok tak mau lagi saya di warnet hingga selarut ini. Ini semua tak lain karna internet di rumah yang bermasalah. Jadi saya mesti merelakan diri untuk mengepostkan tulisan melalui tempat ini.

Suara lolongan anjing terdengar lagi, kokok....petok...kokok...petok.... tampaknya anjing liar itu baru saja memakan seekor ayam. Saya tak peduli. saya naikkan kerah jaket saya hingga ke leher. Tinggal melewati beberapa gang lagi saya kan tiba di rumah. Saya terus berjalan yang diikuiti bayangan saya yang setia. Dua ekor tikus asik berlarian, Seakan jalan aspal yang banyak lubangnya itu merupakan taman bermainnya.

Begitu tiba di mulut gang tiba-tiba saya mendengar suara perempuan bersenandung  sebuah lagu kroncong :
Di bawah sinar bulan pernama....
hati sedih jadi senang...
Si miskin yang hidup sengsara....
semalam ikut bersuka....

Saya merinding dan bertanya-tanya dari mana asalnya suara itu. Tapi begitu saya menoleh ke belakang, tampak seorang ibu pemulung sedang mengorek - orek tong sampah. Ah, lega saya.

Namun saya heran ketika saya mendongakkan kepala ke langit bulan memang sedang bulat dan terang benderang. Aneh ! Padahal tadi gemericik hujan cukup deras dan tak satupun bintang tampak. Tapi sekarang ? Ih serem.....jangan-jangan ibu tadi adalah manusia srigala atau vampir.  Saya segera mempercepat langkah. Membuka pintu dan masuk ke dalam rumah. Namun di dalam hati saya salut terhadap ibu pemulung itu. Di tengah malam yang dingin menggigit masih semangat mencari nafkah.


M Dadan Suryana




46 komentar:

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

hiii seremm..ini gara2 abis nonton newmoon ya?

daniezha yank mengatakan...

xixixiiiii...hari gini takut werewolf?

Arman mengatakan...

Haha lucu kata2nya... :)

Hmm sejak ada twilight dan newmoon jadnya yg kepikir vampir dan werewolf ya.. Padahal bisa aja ibu itu kuntilanak atau sundel bolong... Hayo sereman mana? :p

Ivan Kavalera mengatakan...

serem tapi lucu juga ya senandungnya he hehe he

Ipin mengatakan...

ceritanya sih serem tapi alur nya lucuuu sob hhahaha..top daahhh..

Clara mengatakan...

pemulung emang ada yg kerja malem yak
hihihih, salut buat Ibu itu...

Si_Isna mengatakan...

cuma gara2 new moon lg rame2nya tayang di indonesia, werewolf nya juga ikutan datang ya...
tp hebat euy... werewolf bisa nyanyi keroncong... saluutt... hehee...

bisnis online mengatakan...

wah hebat..uy

Re_Notxa mengatakan...

kok gada anak kecil main layangan ya? kan tambah serem tuh.

ajeng mengatakan...

Newmoonphobia..

-Gek- mengatakan...

Ga sekalian itu dianter Ibu pemulungnya Mas..
Kasian atuh..udah dinyanyikan lagu keroncong lo...

Bahauddin Amyasi mengatakan...

Ih, serem tenan, Mas...
Kasihan ya Bu Pemulung tadi...

Rumah Ide dan Cerita mengatakan...

Clara @ Pemulung kalau di perumahan2 banyak yang keluar malam.

All @ Saya sendiri belum pernah nonton newmon (kalo sailormon, sering di tv). Kurang begitu suka film fiksi yang seperti itu. Lebih suka film kek :last samurai, saving private Ryan atau Naga Bonar.

anindyarahadi mengatakan...

mas kebanyakan nonton film horor ni...

hehe, tapi kalo aku mungkin juga bakalan ngerasa kayak gitu sih..

salut buat si ibu

lina mengatakan...

salut buat ibu pemulung itu. ih...ceritanya lucu-lucu serem tapi menyentuh. jadi masuk kategori apa yak ? mistik komedi inspiring ? hahahah.

Joddie mengatakan...

semangat yang luar biasa.. btw, nice post! aku suka dengan penuturannya

Isti mengatakan...

duh..semoga Allah membalas kegigihannya dengan rezeki yang melimpah...

Munir Ardi mengatakan...

ngeri nih bacanya saya lagi di warnet diperbatasan kota jadi takut pulang mas

Arfi mengatakan...

bagus sekali penulisannya... tapi jangan membuatku takut akan hiduplah.. hehehe

Sudino Dinoe mengatakan...

Senandung yang mantap...serem tapi penuh makna yg dalam..

yanuar catur rastafara mengatakan...

hehehe
jadi inget kata2 ibuk dulu
tp gag tahu sich bener pa gag
gini kata beliau
'kalau seperti ini, itu tanda-tanda rusa melahirkan"
hehehe
aku sich waktu itu ngangguk aja
hehehhe

ateh75 mengatakan...

Heningnya malam sudah biasa menjadi momok dari segala suara yg didramatisir menjadi suara yg menyeramkan ,padahal suara -suara jelas dari alamat yg jelas...

Tapi biasanya bagi orang yg penakut ya yg merasakan begitu he he...

NURA mengatakan...

salam sobat
iya ih serem,,,karena pukul 1.35 dini hari ya,,,

Berry Devanda mengatakan...

ih...serem juga...
gaya menulis mu bagus...
salam kenal...

Kang Sugeng mengatakan...

hehehe...kirain tadi mau cerita soal hantu beneran... ternyata yg di liat cuma pemulung

albertus goentoer tjahjadi mengatakan...

waduh... ternyata apa yang diduga nggak sesuai kenyataan... selamat dech udah bikin penasaran...

KucingTengil mengatakan...

hahahahahah ngakak pas baca suara anjing melolong: petok petok (nah loh...petok???) hahahaha ternyata lagi makan ayam. Besok2 ada suara ayam berkokok bunyinya guk...guk... ternyata ayamnya dikejar2 ma anjing hahahahaha

Lolly mengatakan...

hidup ini keras, jenderal! ;)

lina@happy family mengatakan...

Lucu, serem, dan akhirnya menyentuh.
Anjing melolong kok petok petok, ternyata lagi makan ayam ya...
Berada di tempat sepi dan gelap, terkadang imajinasi kita jadi aneh2...

attayaya mengatakan...

bantu dong ibu itu
jangan lari

vie_three mengatakan...

memang yak terkadang pikiran kita sendiri lah yang membuat suasana menjadi menakutkan..... ^^

Noor's blog (inside of me) mengatakan...

Padahal si ibu pemulung juga lagi ketakutan, pikirnya " waduh...ada genderuwo lewat,mudah2an nggak gigit saya.." he..he

didiet mengatakan...

cerita yg menyentuh hati tadi tak kira cerita horor ternyta

buwel mengatakan...

cerita yang asyiiik meski serem karena imajinasi sendiri... :-)

Itik Bali mengatakan...

Ha..ha mau dibilang serem tapi lucu, au dibilang lucu tapi serem
ini cerita horor komedi
keren deh!!

ratna wulandari mengatakan...

aku ru tau lo mas..kalo pemulung ada yg keluar malem2..

kirain cuma pagi mpe sore doang...

btw,,alur ceritanya lucuuu

kedai kopi mengatakan...

hehehhe ngakak dulu ya mas?

Yolizz mengatakan...

hiii... sereeemm juga yaahh....

lovepassword mengatakan...

gaya bahasamu puitis banget...SIP Markusip

Rosi Atmaja mengatakan...

pengalaman pribadi mas ? tapi ngga papa kalo vampirnya mirip kirsten stewart hehehe

attayaya mengatakan...

apa khabar neneknya?

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

selamat petang.

Financial Adviser mengatakan...

hihihihihi...
ternyata sang penulis penakut juga yah
khayalan tingkat tinggi yah mas

Andie mengatakan...

semoga aja vampir nya ga kayak di pilm boboho ya mas. hehe. :p *digampar*

mamah aline mengatakan...

memang serem ya apalagi jam setengah dua gitu, cary deh bawaannya

attayaya mengatakan...

pengen nyanyi keroncong juga ah mas
keroncongan...perutku...